Cari Tips Otomotif Lainnya di Blog ini

Loading

Selasa, 19 Oktober 2010

Tips Perawatan Ban

  1. Biasakan untuk memeriksa tekanan ban. Paling sedikit sebulan sekali terutama sebelum melakukan perjalanan jarak jauh atau ke luar kota. Ban dengan tekanan yang kurang memadai akan menyebabkan ban mudah panas karena gesekan yang besar dengan aspal, sehingga ban cepat aus dan bisa membahayakan keselamatan mengemudi.
  2. Sesuaikan ukuran ban dengan tekanan ban yang proporsional. Ukuran tekanan ban yang pas bisa dilihat pada stiker yang menempel di bagian dalam dari pintu kendaraan Anda, atau pada buku petunjuk pemilik kendaraan.
  3. Untuk pengukuran yang valid terhadap tekanan ban mobil, periksalah ban saat suhu dingin. Atau setidaknya tunggu selama tiga jam jika mobil Anda habis menempuh perjalanan jauh.
  4. Jagalah ban mobil Anda dari lubang di jalan. Lobang yang terlalu besar tak hanya dapat merusak ban, melainkan juga akan mengganggu keseimbangan ban mobil.
  5. Sebaiknya tidak mengendarai kendaraan dengan ban tanpa penutup pentilnya. Mengemudikan mobil dengan ban tanpa penutup pentil bisa jadi menyebabkan kebocoran udara dari dalam ban dan bisa mengakibatkan ban kekurangan tekanan.
  6. Pastikan Anda merotasi ban mobil Anda setiap 10.000 km. Rotasikan ban antara ban depan dengan belakang agar menyeragamkan kondisi seluruh ban dan mempertahankan masa pakai ban lebih lama.
  7. Periksalah keseimbangan ban mobil secara periodik, untuk menghindari putaran ban yang tak stabil.
  8. Perhitungkan bobot yang harus dimuat oleh mobil Anda. Jika muatan melebihi kapasitas maksimal dapat menimbulkan tekanan yang berlebih pada ban mobil Anda dan itu bisa sangat membahayakan.
Sumber: Okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar