Cari Tips Otomotif Lainnya di Blog ini

Loading

Selasa, 19 Oktober 2010

Beberapa Penyebab Cat Mobil Kusam

  1. Sinar Ultra Violet. Proses pemudaran warna cat dan penurunan kualitas akibat sinar UV merupakan proses yang alami, karena UV terkandung dalam sinar matahari.
  2. Kotoran Burung. Kotoran ini mengandung bahan kimia yang bersifat merusak bila menyentuk bodi kendaraan. Seringkali kita meremehkannya saat mereka masih basah (belum lama mendarat pada bodi mobil) atau memang tidak sempat untuk cepat-cepat membersihkannya. Jika sudah kering, hal ini susah untuk dibersihkan dan tentu saja merusak cat, bahkan menggores cat mobil. Jangan pernah menyepelekan hal ini, karena Anda akan menyesal kemudian.
  3. Serangga yang Tertabrak. Serangga yang tertabrak di malam hari, perlu segera dibersihkan, karena ini juga mengandung bahan kimia yang tidak kalah hebatnya dengan kotoran burung.
  4. Polutan di Udara. Udara mengandung banyak zat kimia dalam wujud gas. Khususnya di lingkungan yang tinggi polusi udara seperti di beberapa kota besar di Indonesia, kandungan asam nitrat (HNO3) terbilang tinggi. Nah asam nitrat ini bersifat merusak lapisan cat mobil Anda baik dalam wujud gas maupun cari (saat terbawa air hujan).
  5. Pemoles Mobil. Meskipun bertujuan untuk mencerahkan cat kendaraan tetapi Anda harus berhati-hati dalam memanfaatkan pemoles. Pemoles bekerja dengan cara mengikis lapisan cat menggunakan bahan-bahan abrasive. Bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan usia cat mobil berkurang. Oleh karena itu sebisa mungkin hindari penggunaan pemoles mobil (car polish).
  6. Garam. Kandungan garam pada air apabila cukup tinggi akan membahayakan karena garam akan mempercepat proses korosi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar