Cari Tips Otomotif Lainnya di Blog ini

Loading

Minggu, 10 Oktober 2010

Tips Pengendaraan Dalam Berbagai Kondisi

  1. Kurangi kecepatan apabila ada tiupan angin samping. Hal ini akan memberikan kontrol yang jauh lebih baik bagi Anda.
  2. Kendarai perlahan-lahan bila naik ke atas pinggir jalan, dan bila mungkin pada sudut yang benar. Hindari melindas benda yang tinggi, bertepi tajam, atau yang membahayakan lainnya. Kelalaian akan hal ini dapat berakibat pada kerusakan ban.
  3. Kendarai perlahan-lahan bila melewati jalanan yang rusak atau berlubang-lubang. Kelalaian akan hal ini dapat berakibat kerusakan pada ban dan/atau roda.
  4. Apabila parkir di tanjakan, putar roda depan hingga menyentuh tepi jalan (trotoar) sedemikian rupa, sehingga kendaraan tidak bisa meluncur. Gunakan rem parkir dan tempatkan tuas transmisi pada gigi 1 atau mundur. Bila perlu, ganjallah roda.
  5. Pengendaraan di jalan banjir atau pencucian kendaraan, mungkin mengakibatkan rem menjadi basah. Untuk memastikan apakah rem basah, periksa bahwa di belakang Anda tidak ada kendaraan lain yang dekat, kemudian tekan pedal rem sedikit saja. Bila terasa daya pengereman tidak normal, pertanda rem telah basah. Untuk mengeringkannya, kendarailah dengan berhati-hati sambil sedikit menekan pedal rem dan rem parkir ditarik.
  6. Ketika berkendara di jalanan turunan atau tanjakan yang panjang, kurangi kecepatan Anda dan pindahkan ke gigi yang lebih rendah. Harap diingat, bahwa apabila Anda menggunakan rem secara berlebihan, dapat menyebabkan rem menjadi terlampau panas dan tidak bekerja dengan baik.
  7. Hati-hati melakukan akselerasi, perpindahan naik (upshift), perpindahan turun (downshift) atau pengereman di jalan yang licin. Akselerasi yang tiba-tiba atau pengereman mesin dapat berakibat kendaraan terpuntir atau slip.
Sumber: Toyota

Tidak ada komentar:

Posting Komentar