Cari Tips Otomotif Lainnya di Blog ini

Loading

Selasa, 19 Oktober 2010

Tips Pemeriksaan Mobil di Musim Hujan

  1. Wiper. Periksalah apakah motor wiper bekerja dengan lancar, karet wiper masih elastis, air washer cukup tersedia dan semprotannya harus tepat mengenai sasaran. Lakukan penyetelan jika semprotan air wiper yang kurang pas. Anda harus memastikan wiper bekerja dengan baik dan dapat menyapu kaca sehingga air hujan tidak menghalangi pandangan dan penglihatan dapat tetap jernih.
  2. Lampu-lampu. Periksa apakah lampu kecil dan lampu besar dapat menyala. Lengkapi mobil Anda dengan lampu kabut agar dengan sinarnya mampu menembus kabut yang menyelimuti jalan.
  3. Defogger. Cek apakah defogger dapat bekerja dengan baik dengan cara mengaktifkan switch defogger. Indikasinya, kaca belakang terasa hangat ketika defogger diaktifkan. Pada saat hujan, defogger berfungsi untuk menghilangkan embun dengan menghangatkan kaca belakang.
  4. Ban. Lakukan pemeriksaan pada ban. Segera ganti ban mobil Anda jika  permukaannya sudah gundul, kembang ban sudah kurang dari satu milimeter, atau ketebalannya kurang dari 80%.
  5. Karet-karet Pintu. Periksa karet-karet pintu dari kemungkinan bocor. Lakukan penggantian jika kondisinya memang sudah tidak bagus lagi. Karet-karet pintu yang bocor mengakibatkan air hujan merembes masuk ke dalam kabin mobil dan akan mengganggu kenyamanan berkendara.
  6. Bodi Mobil. Jika mobil terkena air hujan, segera cuci dan bilas dengan air bersih. Air hujan mengandung asam yang berdampak buruk bagi perawatan cat maupun bodi mobil.
Sumber: Garda Oto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar