Cari Tips Otomotif Lainnya di Blog ini

Loading

Selasa, 19 Oktober 2010

Tips Mengecek Mobil Bekas

  1. Bagian Mesin Mobil. Buka kap mesin, lalu cek kondisinya secara detail. Hidupkan mesin dan lampu indikator tekanan oli akan segera mati apabila mesin masih bagus. Bunyi mesin juga terdengar halus dan rata. Perhatikan pula asap knalpot mobil. Apabila keluar asap berwarna hitam atau biru/putih, maka kemungkinan kondisi mesin tersebut ada yang tidak beres.
  2. Bagian Bodi/Chassis. Anda bisa melakukan pengecekan dengan menaikkan salah satu roda kendaraan ke tempat yang lebih tinggi (misalkan trotoar), kemudian buka tutup semua pintu mobil. Apabila pintu tertutup tidak sempurna, kemungkinan mobil tersebut pernah mengalami benturan atau bahkan pernah mengalami tabrakan.
  3. Bagian-bagian yang mengalami kerusakan dan/atau terkena karat. Periksalah semua bagian mobil dan pastikan tidak ada permukaan yang tidak rata. Apabila Anda menemukan permukaan yang tidak rata, Anda bisa menanyakan langsung penyebab permukaan yang tidak rata tersebut. Penting sekali bagi Anda untuk memeriksa bagian-bagian yang mudah terkena karat, antara lain: jendela dan pintu, talang air (atap), pada bagian atas spion dan antena radio, bagian di balik lis, di sekitar lampu (bagian depan dan belakang), bagian dalam spakbor, di bagian body bawah dan knalpot, serta di bagian bawah karpet garasi.
  4. Bagian Suspensi. Cek dengan menekan masing-masing sisi mobil ke bagian bawah secara bergantian. Sisi yang Anda tekan harus lebih tinggi dari posisi awal dan turun lagi ke posisi saat Anda tekan.
  5. Bagian Ban. Coba aAda perhatikan permukaan ban yang sudah aus (gundul). Perhatikan juga permukaan ban apabila ada yang tidak rata karena bisa menunjukan ketidakberesan baik di bagian roda maupun mekanisme suspensi.
  6. Bagian Lainnya. Cek kondisi alas kaki dan bantalan pedal. Periksa pula alas tempat duduk. Pada bagian kemudi, perhatikan apabila ada bunyi/suara yang tidak normal. Perhatikan kolong mesin untuk menghindari kebocoran oli.
    Ketoklah bagian demi bagian mobil. Perikasalah kondisi ban serep. Jangan lupa pula untuk membuka bagian alas kaki (floor mat) dan cek kondisi di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar